VISI
Mandiri
dan Unggul dalam IMTAQ
MISI
1.
Menjadikan anak berkebutuhan
khusus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
2.
Meningkatkan dan
mengembangkan potensi dan kemampuan anak-anak
berkenbutuhan
khusus
3.
Merubah pola pikir dan
paradigma masyarakat terhadap anak-anak
berkebutuhan khusus yang terbentuk dalam komunitas inklusi, yang akan
menjadikan landasan enterpreneurship pada jiwa masing-masing anak.
4.
Memberi rasa aman dan
nyaman kepada anak-anak
berkebutuhan khusus dalam hal pemberian motivasi
5.
Menanamkan rasa satu
dan kesatuan terhadap masing anak dan saling memberi motivasi yang terdapat
pada progran sekolah
TUJUAN
1.
Mewujudkan pelayanan
yang optimal bagi anak berkebutuhan khusus sehingga dapat mandiri dan berperan
serta dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.
Menyelenggarakan pendidikan
yang berkwalitas
3.
Meningkatkan manajerial
pengelolaan, pendidikan, dan tenaga kependidikan
4.
Memperluas jaringan
dalam upaya mengembangkan dan mensosialisasi SDLB Sunan Kudus
A. Tujuan Satuan
Pendidikan
Pendidikan Nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
Pada tataran
operasional, pendidikan yang diselenggarakan di SDLB Sunan Kudus bertujuan
untuk memberikan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
yang bermanfaat bagi peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai
pribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara sesuai dengan kekhususan dan
tingkat perkembanganya serta mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja.
Secara rinci tujuan satuan pendidikan
adalah memberikan pendidikan dan pengajaran agar peserta didik berkebutuhan
dapat :
o Memahami
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
o Menumbuhkan
keyakinan beragama yang kuat sehingga menjalankan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembanganya.
o Melakukan
pembiasaan yang mencerminkan nilai luhur karakter dan budaya bangsa, seperti
jujur, disiplin, sopan, dan santun.
o Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sehingga dapat mengembangkan potensinya sesuai
dengan karakteristik dan kekhususannya.
o Memiliki
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
o Menunjukan
kemampuan berpikir secara logis, kritis, dan kreatif sehingga dapat memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
o Memiliki
kemampuan berkomunikasi yang memadai sehingga dapat mengaktualisa sikan diri dan bekerja sama dalam kelompok maupun
lingkungannya.
o Melakukan
aktifitas harian secara mandiri.
o Mematuhi
aturan sosial yang berlaku dilingkungan masyarakat.
o Memiliki
keterampilan yang memadai sebagai bekal hidup dan penghidupannya kelak.
o Memiliki
kemampuan interpersonal yang memadai untuk menjalin kerja sama dan pengembangan
usaha.
Tujuan-tujuan yang
dicanangkan satuan pendidikan tersebut dalam upaya mencapai standart kompetensi
lulusan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standart Kompetensi
Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud tersebut mengamanatkan
bahwa peserta didik pada satuan pendidikan SLB memiliki kualifikasi kemampuan
yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
1.
Kemampuan pada Dimensi
Sikap
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap: 1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2) berkarakter,
jujur, dan peduli, 3) bertanggung jawab, 4) pembelajar sejati sepanjang hayat,
dan 5) sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan Negara.
2.
Kemampuan pada Dimensi
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual,
konseptual, prosedur, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenan dengan: 1)
ilmu pengetahuan, 2) teknologi, 3) seni, 4) budaya.Pengetahuan faktual, adalah
pengetahuan dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, dan Negara.
a.
Pengetahuan Konseptual,
adalah terminologi/istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip, dan
generalisasi berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, dan Negara
b.
Pengetahuan Prosedural,
adalah pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu kegiatan yang berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri
sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan
Negara.
c.
Pengetahuan
Metakognitif, adalah pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri
dan menggunakannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa dan Negara.
Peserta didik
diharapakn mampu mengaitkan pengetahuan diatas dalam konteks diri sendiri,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan Negara.
3.
Kemampuan pada Dimensi
Keterampilan
Memiliki keterampilan
berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak
yang releva dengan tugas yang diberikan.
Gradasi untuk dimensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan antar
jenjang pendidikan memperhatikan: a) perkembangan psikologis anak; b)
lingkup dan kedalaman; c) kesinambungan; d) fungsi satuan pendidikan; dan e)
lingkungan.
Dalam upaya pencapaian
kemampuan pada dimensi sikap, SDLB Sunan Kudus mengembangkan nilai-nilai
karakter melalui penumbuhan budi pekerti sebagaimana diamanatkan dalam
Permendikbud No. 21 Tahun 2015. Nilai yang diprioritaskan adalah religius,
kemandirian, peduli lingkungan, peduli sosial, toleransi dan gemar membaca,
dengan kegiatan seperti tertuang dalam table Tabel 2.1 berikut ini;
Tabel
2.1
Garis Besar Pelaksanaan
Kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti
SDLB Sunan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020
Waktu
|
Kegiatan
|
Nilai
yang Dikembangkan
|
Pagi
sebelum kegiatan
|
-
Menyiapkan guru piket
kedatangan (3 orang) yang bersiap di pintu gerbang untuk menyambut peserta
didik dan mengucapkan salam
|
kemandirian
|
06.30 - 07.30
|
-
Hari Senin: upacara
bendera dilanjutkan membaca ayat/surah pendek alqur’an
-
Selasa,Rabu, Kamis,
Jumat apel pagi ,dilanjutkan kegiatan budaya membaca 15 menit sebelum jam
pembelajaran
-
Hari Sabtu: Senam bersama
-
dan kegiatan
ekstrakurikuler pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.00
|
Kedisiplinan,
kemandirian
|
07.30 -14.10
|
Kegiatan pembelajaran rutin di
dalam kelas
o Kegiatan
awal / pendahuluan
·
Berdoa
·
Menyanyikan lagu wajib
·
Membaca buku
o Kegiatan
inti ( pecampaian materi ajar dengan pendekatan saintifik)
o Penutup
·
Berdoa
·
Menyanyikan lagu
daerah
|
Religius,
kedisiplinan, kemandiria
|
12.00 -12.30
|
Sholat Dzuhur berjamaah bagi pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik
jenjang SDLB yang beragama islam
|
Religius
|
15.00 -15.20
|
Sholat Asar
berjamaah bagi pendidik dan tenaga
kependidikan yang beragama islam
|
Optimalisasi
pelaksanaan Kegiatan Penumbuhan Budi Pejerti di SDLB SUNAN KUDUS juga dilakukan
melalui aktifitas kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan. Kegiatan tersebut
secara rinci tertuang dalam table-tabel
di
bawah ini:
1.
Kegiatan Rutin
Table
2.2
Kegiatan
Penumbuhan Budi Pekerti melalui Kegiatan Rutin
di SDLB Sunan Kudus
Nilai-nilai
yang Dikembangkan
|
Bentuk
Pelaksanaan Kegiatan
|
Religius
|
o Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran dipimpin oleh guru kelas
o Setiap
awal dan akhir pelajaran, peserta didik member salam kepada guru
o Sholat
dzuhur berjamaah
|
Kedisiplinan
|
o Membuat
catatan kehadiran pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik
o Pukul
06.30 pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik harus sudah berada di
dalam kelas dan pulang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
o Pendidik,
tenaga kependidikan, dan peserta didik yang hadir tidak tepat waktu diberi
teguran.
o Bila
berhalangan hadir, maka harus ada surat pemberitahuan ke sekolah.
o Kerapian
dan kebersihan pakaian, dicek setiap hari oleh seluruh guru, menggunakan seragam
yang ditentukan.
o Seragam
dipakai sesuai jadwal pemakaian.
o Membuang
sampah pada tempatnya.
o Meminjam
dan mengembalikan buku perpustakaan sesuai jadwal pengembalian.
|
Peduli Lingkungan
|
o Lingkungan
Sekolah Bersih.
o Pemberantasan
sarang nyamuk.
o Membiasakan
membuang sampah pada temppatnya.
o Pendidik
melaksanakan piket secara berkelompok untuk melihat kebersihan lingkungan.
o Mengambil
sampah yang berserakan.
o Piket
kelas secara kelompok membersihkan kelasnya.
o Peserta
didik secara individu menata meja dan kursi setiap hari supaya terlihat rapi.
o Tidak
mencoret tembok atau bangku/kursi/fasilitas sekolah.
|
Peduli Sosial
|
o Mengumpulkan
barang-barang yang masih layak pakai di sekolah dan menyumbangkan pada yang
membutuhkan, 1 kali setahun.
o Mengumpulkan
sumbangan pada waktu-waktu tertentu untuk menyumbang warga sekolah yang
sakit, terkena bencana seperti gempa bumi, kebakaran, banjir.
o Mengunjungi
warga sekolah yang sakit.
|
Kejujuran
|
o Melaporkan
temuan barang hilang
o Transparasi
laporan keuangan sekolah
o Menyediakan
kotak saran dan pengaduan.
|
Cinta Tanah Air
|
o Menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
o Menyanyikan
lagu kebangsaan setiap upacara bendera, peringatan hari besar nasional dan
setiap hari sebelum pembelajaran dimulai serta menyanyikan lagu daerah di
akhir pelajaran
o Memasang
lambang Negara , foto presiden dan wakil presiden serta gubernur dan wakil
gubernur
o Memajang
foto para pahlawan nasional.
|
2.
Kegiatan Spontan
Table
2.3
Pelaksanaan Kegiatan Penumbuhan Budi
Pekerti melalui Kegiatan Spontan
di SDLB Sunan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020
Nilai-Nilai
yang Dikembang kan
|
Bentuk
pelaksanaan Kegiatan
|
Religius
|
o Mengucapkan
dan menjawab salam
bila bertemu/ berpapasan
o Meminta
maaf bila melakukan kesalahan.
o Memperingatkan
peserta didik yang tidak melaksanakan sholat bersama
o Cara bicara yang sopan dan berperilaku santun
|
Kedisiplinan
|
o Memperingatkan
peserta didik yang masih ada diluar kelas saat belajar (sesuai tata tertib)
o Peserta
didik yang tidak berpakaian rapi diminta merapikannya dan diberitahu caranya
o Apabila
menemukan peserta didik yang rambutnya tidak sesuai dengan aturan yang
ditetapakan, maka diminta untuk mencukur rambut
o Mentaati tata tertib (disiplin waktu berpakaian dan
administrasi)
|
Peduli
Lingkungan
|
o Meminta
peserta didik memungut sampah yang dibuang sembarangan
o Mengingatkan
peserta didik yang punya kebiasaan membuang sampah
sembarangan
|
Peduli Sosial
|
o Mengunjungi
warga sekolah yang sakit, melayat bila ada yang meninggal
o Mengumpulkan
sumbangan untuk membantu sesame yang sedang menerima musibah /bencana
alam
o Budaya antri dan tertib
|
Kejujuran
|
o Memperingatkan
peserta didik yang mengambil barang bukan miliknya
o Memperingatkan
peserta didik untuk mengembalikan
barang yang bukan miliknya
o Mengakui kebenaran orang lain
|
3.
Kegiatan Keteladanan:
Table
2.4
Pelaksanaan Kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti melalui
Kegiatan
Keteladanan
di SDLB Sunan Kudus Tahun
Pelajaran 2019/2020
Nilai-Nilai
yang Dikembang
kan
|
Bentuk Pelaksanaan
Kegiatan
|
Religius
|
o Performan Kepala sekolah dag Segenap Tenaga pendidik
dan tenaga kepndidikan.
o Pendidik
berdoa bersama peserta didik sebelum dan setelah pelajaran
o Melaksanakan baca surah surah pendek bersama selama 15 menit
sebelum jam pembelajaran masuk.
o Sholat berjamaah
sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan
|
Kedisiplinan
|
o Jam
06.45
guru piket sudah berada di sekolah menyambut peserta didik.
o Pukul
07.00 pendidik dan tenaga
kependidikan sudah berada di halaman sekolah melaksanakan apel pagi
o Pendidik , tenaga kependidikan dan peserta didik
puang dating dan pulang sesuai dengan jadwal
o Berbicara
yang sopan, menghargai pendapat orang lain.
|
Peduli Lingkungan
|
o Semua
warga sekolah senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekolah
|
Peduli Sosial
|
o Pendidik
dan tenaga kependidikan mengumpulkan sumbangan setiap ada musibah internal
dan bencana alam untuk kegiatan sosial
|
Kejujuran
|
o Pendidik
memberikan penilaian secara objektif
o Pendidik
menepati janji pada peserta didik
|
Cinta Tanah Air
|
o Pendidik,
tenaga kependidikan dan peserta didik melaksanakan upacara dan peringatan
hari besar bersama peserta didik
|
Table 2.5
Penanggung Jawab
Pelaksanaan Kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti
SDLB Sunan Kudus
Kegiatan
|
Nilai yang Dikembangakan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Penanggung Jawab
|
Pembiasaan Rutin
|
|||
a. Penyambutan kedatangan
peserta didik
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap hari
|
Guru piket
|
b. Memberi senyum salam sapa
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
c. Upacara Bendera
|
Semangat kebangsaan, disiplin
|
Setiap hari senin
|
koordinator kesiswaan
|
d. Pemeriksaan kebersihan
|
Disiplin dan tanggung jawab
|
Setiap hari
|
koordinator UKS
|
e. Senam
|
Disiplin dan tanggung jawab
|
Setiap Sabtu
|
Guru PJOK
|
f. Doa bersama
|
Religius
|
Setiap awal dan akhir kegiatan pembelajaran
|
Guru kelas/ Guru Mapel
|
g. Menyanyikan lagu wajib
nasional dan lagu daerah
|
Semangat kebangsaan disiplin
|
Setiap awal & akhir pembelajaran
|
Wali Kelas/ Guru Mapel
|
h. Membaca buku di luar
konteks pembelajaran
|
Gemar membaca
|
Setiap awal pembelajaran
|
Wali kelas/ Guru Mapel
|
i.
Lingkungan
bersih/pemberantasan sarang nyamuk
|
Peduli Lingkungan
|
Selasa dan Jumat
|
Guru Piket
|
j.
Kesehatan
diri
|
Disiplin dan tanggung jawab
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
k. Sholat Dzuhur/Asar berjamaah
|
Religius
|
Setiap hari
|
Koordinator kesiswaan
|
Pembiasaan Spontan
|
|||
a. Membuang sampah pada
tempatnya
|
Peduli Lingkungan
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
b. Budaya antri
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
c. Mengatasi silang
pendapat (pertengkaran)
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap ada insiden
|
Warga Sekolah
|
d. Saling mengingatkan
ketika ada pelanggaran tata tertib sekolah
|
Disiplin, tanggung jawab
|
Setiap saat
|
Warga Sekolah
|
e. Kunjungan rumah
|
Peduli sosial
|
Setiap ada kasus
|
Wali kelas
|
f. Kesetiakawanan sosial
|
Toleransi
|
Setiap ada kasus
|
Warga Sekolah
|
g. Anjangsana
|
Peduli sosial
|
Setiap ada kasus
|
Wali kelas
|
Pembiasaan keteladanan
|
|||
a. Berpakaian rapi
|
Disiplin
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
b. Berbahasa yang baik
|
Cinta tanah air, komunikatif, semangat kebangsaan
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
c. Rajin membaca
|
Gemar membaca
|
Setiap saat
|
Warga Sekolah
|
d. Memuji kebaikan dan
keberhasilan orang lain
|
Menghargai prestasi
|
Setiap saat
|
Warga Sekolah
|
e. Datang tepat waktu
|
Disiplin
|
Setiap hari
|
Warga Sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar